Selamat Datang

Selamat datang di Krisna's Software Spot, semoga blogspot ini dapat bermanfaat untuk anda ^^

Selasa, 15 Februari 2011

Kerjasama Dengan CIC, Google Lakukan Scan Satu Juta Pustaka Buku Universitas

Setelah berhasil melakukan mitra kerjasama dengan berbagai kalangan penerbit, perpustakaan, kini pihak Google menjalin kerjasama dengan sebuah Committee on Institutional Cooperation (CIC) yang menaungi pustaka universitas dan beranggotakan beberapa perwakilan universitas besar di Amerika Serikat, dalam misi menjadikan Google sebagai salah satu sumber pustaka ilmu pengetahuan dunia.
Kabarnya, Google telah berhasil melakukan scan terhadap satu juta pustaka buku universitas yang selanjutnya dibuatkan bentuk digitalnya agar dapat dengan mudah tersedia dan diakses oleh semua orang di dunia. Keberhasilan Google seolah menjadi tonggak terpenting dari apa yang pihak Google telah lakukan selama ini, dan ini merupakan modal berharga untuk menghadapi tantangan yang telah menanti di depan.
“Hari ini Kami merayakan tonggak penting dimana baru saja Google telah berhasil mendigitalkan satu juta buku dari perpustakaan anggota Komite Kerjasama Institusional (CIC),” Ungkap Kim Armstrong, wakil direktur Pusat Perpustakaan Inisiatif untuk Komite Kerjasama Kelembagaan, pada sebuah konferensi pers beberapa hari lalu.
“Masing-masing isi buku telah dilakukan scan, diterjemahkan dari gambar ke teks dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR) dan juga telah ditambahkan ke Google Books index. Setelah dibuat digitalnya, buku-buku yang ada kemudian dikirim kembali ke perpustakaan asalnya untuk ditempatkan ke rak masing-masing, ” jelasnya.
Kemitraan antara Google dan CIC ini merupakan sebuah langkah awal. Keduanya akan terus menjalin kerjasama untuk melakukan scan sekitar 10 juta buku dari perpustakaan universitas yang ada, dari jumlah keseluruhan yang ingin discan mendekati 85 juta, Sampai saat ini Google telah berhasil memindai lebih dari 15 juta buku, dan kini hasil scan buku telah tersedia di Google Books. Dan semua universitas telah menerima salinan dari versi digitalnya dan beberapa diantaranya bahkan telah membuatnya tersedia sendiri.

Referensi: http://www.beritateknologi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar